Survei Ungkap Elektabilitas Prabowo Masih Berjaya di Sumatera

0
50

Prabowo-Sandiaga Uno Daftarkan Diri ke KPU (Foto/twitter/ist)

JNOL, Jakarta – Lembaga survei Alvara mengungkap bahwa elektabilitas dua pasangan calon presiden dan wakil presiden tak berubah banyak meski hari pencoblosan kian menjelang.

Tingkat keterpilihan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, menurut Alvara, naik sedikit saja. Itu pun disumbang oleh calon pemilih yang sebelumnya belum menentukan pilihan alias undecided voters. Tetapi kini mulai mempertimbangkan satu di antara dua pasangan kandidat.

Secara umum, berdasarkan survei itu, pasangan Jokowi-Ma’ruf memang masih unggul dengan tingkat elektabilitas 54,3 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 35,1 persen. Jumlah undecided voters sebanyak 10,6 persen.

Menurut CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali, tingginya undecided voterskarena kini pemilih sudah mulai mengkristal, dampak dari makin menipisnya margin of errordalam survei.

Tetapi, elektabilitas Prabowo-Sandiaga masih unggul jauh dibanding Jokowi-Ma’ruf di Sumatera. Prabowo-Sandiaga memperoleh dukungan 49,8 persen, sementara Jokowi-Ma’ruf 27,5 persen. Calon pemilih yang belum memutuskan 12,6 persen.

Di Bali dan Nusa Tenggara, Jokowi-Ma’ruf unggul 60,6 persen dari Prabowo-Sandi yang memperoleh dukungan 30,3 persen. Mereka yang belum memutuskan pilihan 9,1 persen.

Ali mengatakan, masih ada waktu bagi kedua pasangan untuk meningkatkan elektabilitasnya. Di antaranya dengan memanfaatkan debat capres-cawapres, karena kedua pasangan kandidat bisa makin memperkuat dukungan.

Para calon pemilih yang belum menentukan pilihan itu, kata Ali, masih menimbang-nimbang di antara Prabowo-Sandiaga atau Jokowi-Ma’ruf. Mereka menanti momen debat capres sebelum menentukan pilihan karena, katanya, “Undecided voters ini orang-orang yang rasional.”

Survei Alvara diselenggarakan pada 11-24 Desember 2018 dengan 1.200 responden di 34 provinsi se-Indonesia. Margin of error atau tingkat kesalahannya sebesar 2,88 persen. (ase/viva)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here