Mahfud MD : Habib itu Sebutan Hormat dan Sayang kepada Seseorang

0
19
Mahfud MD (Foto/istimewa)

JNOL, JAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD menyebut banyak orang yang keliru terkait arti dari panggilan Habib. Menurut dia, sebutan Habib itu untuk memanggil seseorang yang dihormati dan tak dikhususkan untuk memanggil seseorang yang keturunan Nabi.

“Banyak yang sok tahu saja tentang arti Habib, lalu menyalahkan orang yang tahu. Habib itu kira-kira artinya Yang Terhormat atau Tuan, seperti Tuan Hamid. Nazaruddin yang bendahara Partai Demokrat itu dulu dipanggil Habib oleh orang-orang Pasuruan. Sekali lagi, yang dipanggil Habib itu belum tentu keturunan Nabi,” cuit Mahfud dalam akun twitter pribadinya @mohmahfudmd, Rabu, 19 Desember 2018.

Mahfud menjelaskan, ada dua sebutan yang biasa digunakan bagi seseorang yang merupakan keturunan Nabi. “Banyak orang tak paham arti Habib. Habib itu sebutan hormat dan sayang kepada seseorang. Misal kepada Rektor, Menteri, Dirut PJKA. Tak semua yang dipanggil Habib keturunan Nabi. Keturunan Nabi sebutannya ada 2: 1) Syarif/Syarifah (jalur Hasan); 2) Sayyid/Sayyidah (jalur Husein),” imbuh dia.

Sontak cuitan dari lelaki berumur 61 tahun itu menuai beragam komentar dari para warganet. Mahfud lantas menceritakan bahwa dirinya pernah juga dipanggil Habib ketika sedang berkunjung ke Arab Saudi.

“Saya saja keturunan wong ndeso di Madura. Tapi kalau ke Saudi dan ketemu orang sering dipanggil Habib. Pernah pula mendapat surat dalam Bahasa Arab yang ditujukan kepada Alhabib Mahfud. Ada juga sih orang biasa yang memang memakai habib, misal, Jenderal Hasnan Habib dan Sdr. Habib Chirzin,” tukasnya.

(kha/okezone)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here