Korea Utara Belajar dari Vietnam Tentang Pembangunan

0
22

(ist)

JNOL, Jakarta | Vietnam, negara yang berkembang pesat yang liberal dalam perdagangan dan memiliki banyak negara bersahabat, menawarkan bantuan untuk memajukan Korea Utara, sesama negara komunis yang miskin serta tidak dipercaya oleh Barat.

Wakil Perdana Menteri Vietnam Pham Binh Minh mengatakan negaranya “siap berbagi” dengan Korea Utara dalam pembangunan sosial-ekonomi dan pengalaman dalam pembangunan negara. Demikian seperti dilaporkan oleh kantor berita Viet Nam News hari Jumat.

Menteri Luar Negeri Korea Utara, Ri Yong-ho mengunjungi Vietnam dari hari Kamis hingga Minggu.

Para pakar percaya bahwa tawaran itu mungkin berarti mengajarkan berbagai cara kepada Korea Utara untuk menjadi makmur secara ekonomi di bawah pemerintahan otoriter sekarang.

Pemerintah Vietnam dan Partai Komunis “bersedia bekerja sama dengan Korea Utara untuk mempromosikan pertukaran dan kerja sama dalam semua bidang,” kata Minh, seperti dikutip oleh situs resmi partai Nhan Dan.

Media Vietnam tidak menjelaskan bagaimana kedua pihak akan bekerja sama tetapi mengisyaratkan akan melakukan berbagai pertukaran. [lt/red]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here