Inovasi dalam Kepemimpinan Maritim

0
141
Abdul Rivai Ras
Founder BRORIVAI Center dan
Pengajar Keamanan Maritim Unhan (Foto/ist)

JNOL | Kata-kata bijak Steve Jobs menyatakan bahwa “inovasi membedakan antara pemimpin dan pengikut” (innovation distinguishes between a leader and a follower). Makna kata ini sangat dalam karena seseorang dikatakan pemimpin bila memiliki jiwa inovatif, dan bila tidak, ia hanya bagaikan pengikut yang cenderung banyak meniru dan sekedar hadir tanpa kemajuan.

Inovasi berkaitan dengan aktivitas penciptaan perubahan dan perbaikan. Perubahan yang berarti juga mengenalkan sesuatu yang baru dengan menggantikan yang lama menuju ke suatu hal yang lebih baik. Perubahan merupakan sebuah proses yang pasti terjadi, karena untuk bisa survive kita harus menyesuaikan (adaptif) dengan perkembangan yang terjadi baik di dalam lingkungan internal maupun eksternal.

Inovasi juga merupakan suatu kreasi yang baru yang dapat memberi solusi dari masalah-masalah yang ada. Baik setiap pemerintahan, perusahaan, organisasi ataupun individu tentu harus memiliki inovasi-inovasi untuk mewujudkan perubahan dan pembaruan untuk menjadi lebih berkembang dan lebih baik.

Kepemimpinan Stratejik

Dalam era disruptif sekarang ini, kepemimpinan dalam inovasi harus mengalami perubahan-perubahan sesuai dengan perkembangan lingkungannya. Selain itu, terdapat tiga jenis perubahan yang berkaitan dengan masalah kepemimpinan yang harus diaktualisasikan yaitu: mengantisipasi perubahan rutin, perubahan pengembangan dan inovasi sendiri.

Mengelola suatu perubahan memanglah hal yang sulit. Ukuran kapasitas kepemimpinan seseorang salah satunya adalah kemampuannya dalam mengelola perubahan. Kemampuan ini penting sebab pada masa kini pemimpin dituntut untuk mampu mempelopori perubahan lingkungan.

Menjelang pemilihan pemimpin (Pilpres) tahun 2019 nanti, tentu kita sangat mengharapkan lahirnya pemimpin stratejik yang mempunyai inovasi tiada henti. Karena apabila mereka terpilih nanti akan menghadapi berbagai permasalahan sangat rumit yang membutuhkan inovasi untuk menanggulanginya.

Kepemimpinan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam suatu bangsa. Berjalannya roda pemerintahan suatu bangsa sangat tergantung pada sosok pemimpinnya. Kepemimpinan suatu negara dapat dianalogikan seperti bagian tubuh yang saling bersinergi.

Karena itu, perubahan-perubahan dibidang teknologi, ekonomi, politik, sosial budaya yang akan membawa dampak positif dan negatif terhadap pembangunan tidak terlepas terhadap para pemimpin yang mengelolanya.

Diharapkan pemimpin ke depan adalah seorang pemimpin yang mempunyai pandangan luas, kreatif, inovatif tidak menaruh ketakutan dan suka akan ide-ide baru, punya visi sesuai karakter bangsa ini (visi maritim) dan mau belajar terus. Ia juga harus dapat menerima dan mengatasi hal-hal yang sama sekali baru dan mungkin hal yang tidak diharapkannya. Pemimpin masa kini harus berwawasan global yang harus mampu menangani situasi baru yang tak pasti dan kompleks.

Mengawal Demokrasi

Seorang pemimpin yang inovatif adalah seorang pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan sebagai democratic style atau gaya kepemimpinan yang tidak mengambil keputusan dari sudut pandangnya saja melainkan mengumpulkan semua ide-ide dari seluruh ” rakyat atau anggotanya ” lalu melakukan musyarawah dan diputuskan bersama. Artinya menjadi seorang pemimpin yang inovatif adalah melalui gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh pemimpin tersebut.

Dari gambaran ini, dapat dipastikan bahwa pemimpin dan inovasi adalah dua hal yang harus selalu beriringan. Artinya, di mana ada pemimpin di sana ada inovasi dan gagasan-gagasan baru serta perencanaan untuk melakukan perbaikan dan perubahan.

Untuk melakukan hal ini seorang pemimpin masa depan Indonesia harus mampu membaca dan mempelajari konteks institusi dan situasi dalam lembaga di mana ia memimpin, khususnya dalam mengawal demokrasi yang sedang tumbuh dan berkembang.

Pentingnganya Inovasi Maritim

Sehubungan dengan Hari Inovasi Indonesia, saatnya pemimpin dan segenap pemangku kepentingan (stakeholders) mengembangkan Aksi Strategi Maritim Indonesia untuk mendukung program pemerintah dalam pembangunan nasional, khususnya dalam mewujudkan Poros Maritim Dunia.

Setidaknya, kegiatan platform teknologi seperti “waterborne” dapat menjadi perhatian saat ini dan masa depan dalam menyongsong Abad 21. Terutama dengan memperbarui agenda riset strategis dan inovasi. Hal ini diharapkan dapat memperkuat efektivitas dari penelitian dan kapasitas inovasi jangka panjang terhadap Industri jasa maritim Indonesia.

Empat tema teknologi utama yang diidentifikasi untuk dapat menjadi studi spesifik dan tematik. Bagi pemimpin ke depan harus dapat merspons dinamika pembagunan maritim nasional yang kini sedang melaju dan perlu dijaga kesinambungannya.

Perhatian bagi pemerintah yang berkuasa ke depan, harus tanggap bagaimana mengelola upaya efisiensi enerji, isu-isu keselamatan dan keamanan, optimasi produksi dan jalur rantai pasok, dan pendekatan E-Maritim dalam mengembangkan sistem ekonomi yang terintegrasi dengan laut dan daratan.

Saatnya pemimpin dan para pemangku kepentingan dapat melakukan analisis mendalam dan penilaian terhadap keadaan nyata atas pesatnya kemajuan inovasi maritim pada tataran global yang berkembang di dunia.

Untuk membantu meningkatkan visibilitas pengembangan sektor maritim di Indonesia, seyogyanya kita mengidentifikasi sejumlah proyek yang patut dicontoh dalam teknologi dan inovasi maritim di dunia. Misalnya saja di kawasan Eropa, proyek eksploitasi komersial, efisiensi sumber daya, manfaat lingkungan, dan keselamatan menjadi perhatian serius dalam mendukung pembangunan ekonomi global.

Program ini berfokus pada proyek-proyek dalam rangka mendorong sektor transportasi maritim yang banyak menjadi manfaat nyata dari dukungan kawasan ini untuk mengembangkan kekuatan, inovasi dan teknologi maritim dalam menjaga proses pengelolaan rantai pasok (supply chain) melalui laut serta pengelolaan sumberdaya di dalamnya.

Penuh harapan kita dapat belajar dari pengalaman negara-negara maju dalam mengembangkan inovasi maritim menuju terwujudnya Indonesia sebagai negara maritim.

Semoga Pilpres 2019 mendatang bisa melahirkan pemimpin dan kepemimpinan yang penuh inovasi. Sehingga dibawah kepemimpinannya berbagai masalah yang timbul dapat teratasi menuju Indonesia Jaya dalam sektor maritim. (*)

Selamat Hari Inovasi Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here