Gempa Lombok Berkaitan dengan Ramalan Pulau Jawa akan Tenggelam?

0
6137

BMKG : Tercatat 133 Gempa Susulan Di Lombok

JNOL, LOMBOK – BMKG mencatat hingga sore hari ini jumlah gempa susulan yang terjadi di wilayah Lombok dan sekitarnya mencapai lebih dari 130 kali. Namun gempa susulan tersebut bersifat kecil dan hanya tercatat oleh alat pendeteksi gempa.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa susulan tersebut terjadi karena gerakan akibat Patahan Naik Flores, di jalur utara Lombok, Bali, Sumbawa dan Flores.

“Gempa susulan ini sebenarnya bagus untuk stabilisasi batuan, karena patahan perlu upaya untuk pengembalian ke posisi semula. Tapi ada konsekuensi jadi terasa guncangan,” kata Daryono saat diterima media JNOL, Minggu, 29 Juli 2018.

Daryono mengatakan getaran akibat gempa susulan itu pada dasarnya mulai mengecil, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Apalagi, gempa susulan tersebut kekuatannya tidak melebihi dari gempa utama sebesar 6.4 SR yang terjadi sekitar pukul 05.47 WIB pagi tadi.

“Dari ratusan gempa susulan itu kan yang terasa hanya lima kali, paling besar gempa susulan kekuatannya 5.7 SR,” ujarnya.

Mengenai kepastian kapan gempa susulan tersebut akan berakhir, Daryono menegaskan bahwa pihaknya masih perlu mengumpulkan data untuk dilakukan analisis.

“Kita perlu data awal untuk melakukan prediksi. Mungkin besok kita informasikan (gempa) susulan berakhir kapan,” ujar Daryono.

(Doc. bmkg/twitter)

Hari ini, Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo beserta Ibu Negara, Hj. Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (29/07/2018). Presiden dan Ibu Negara di Bandara Sultan Kaharuddin, Sumbawa disambut Gubernur NTB dan istri.

Aktivitas Sesar Lempeng Pulau Jawa dan Lombok dan Ramalan Tenggelamnya

Pasca gempa beruntun di pulau lombok dan sumbawa NTB, banyak kalangan termasuk saya mengaitkan dengan prediksi akan terjadi gempa yang lebih besar kedepannya. “Ini merupakan pegas dari timur pulau jawa yang mulai perlahan terlepas dan . Terbukti lempeng sesar selatan jawa menolak naik ke ara utara laut jawa. katanya.

Ini kerab dikaitkan dengan isue tenggelamnya pulau jawa dan pulau kecil disekitarnya.
hal – hal ini sesuai dengan hukum geologis, bahwa sewaktu – waktu bumi ini bakal hadapi perpindahan, baik akibat gempa tektonik maupun letusan gunung berapi. terdapat pula aspek manusianya seseorang diri, akibat manusia banyak melakukan kejahatan dan juga pula dosa besar yang lain. sampai – sampai tenaga negatif yang tersebar diserap oleh alam pulau jawa yang menimbulkan ketidak seimbangan pulau jawa.

Kerapuhan tanah Pulau Jawa dan Anak anak Pulau Sunda Kecil

Pulau jawa dan gugusan pulau NTB, NTT adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan secara teori pergerakan lempeng tektonik dan vulkanologi, menggambarkan sesuatu kapal raksasa yang ditopang oleh suspensi yang sangat besar. suspensi ini yang sejauh ini meredam getaran lempeng samudera hindia yang terus menerus menekan pulau jawa ke arah utara. suspensi ini membentang dari timur pulau jawa hingga ke barat di dekat gunung krakatau. sama seragam suspensi mobil, suspensi pulau jawa pula memiliki oli. oli – nya suspensi pulau jawa menggambarkan lumpur lapindo. dan juga pula yang berfungsi seperti pegas menggambarkan gas yang terperangkap bertepatan lumpur lapindo.

ketika pengeboran lapindo menembus lapisan gas, gas yang sejauh ini jadi pegas – nya pulau jawa mulai merembes keluar. rembesannya gas tidak lewat lubang sumur karna lubang sumur tertutup oleh ‘pelumas’ pengeboran, namun merembes melalui lapisan tanah yang tidak dilapisi casing. akibatnya menyusut gaya elastis yang mengimbangi tenaga potensial lempeng samudra hindia sampai – sampai mencuat lah gempa di jogja.

pengeboran itu pula dikala ini membikin system suspensi makin rapuh, hingga makin sering gempa terjalin di pulau jawa. mengingat system suspensi membentang dari timur ke barat, sampai tidak heran apabila gempa bergerak dari sebelah timur menuju ke barat. dapat jadi bakal sampai di krakatau. nah, kalau sudah sampai di krakatau, jawa praktis tidak mempunyai lagi sistem suspensi. dorongan lempeng samudra hindia bakal membikin pulau jawa makin miring ke arah selatan, akhirnya ambruk dan juga pula tenggelam.

Gempa yang sering terjalin di jawa sanggup memunculkan kerapuhan pada penyangga pulau (jadi kosong maupun tidak padat tanahnya) ditambah amblasnya tanah di dekat sidoarjo akibat lumpur lapindo. hasil studi telah menunjukkan berkurangnya kepadatan dalam tanah di pulau jawa.

Terakhir Gempa di Pulau Lombok kemarin. (28/07 ternyata sebagai bagian dari perjalanan bergeseran lempeng pulau tersebut.

Sampai hari ini telah memakan 10 korban Meninggal. Terbagi di wilayah Timur Lombok dan Utara bagian pulau tersebut. Bahkan jalur pendakian di wilayah gunung Rinjani tertutup bebatuan sehingga sekiranya 1000 pendaki masih terjebak sampai saat ini di puncak gunung itu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here