UAS ada di hati umat, Pesan Pengamat : 200 Ustadz rekomendasi Kemenag jangan seperti robot pemerintah ya !

0
173

Foto : Ustadz Abdul Somad bersama ustadz dan pihak MUI /MI : Pribadi

JNOL, Jakarta – Kemenag sering mendapatkan pertanyaan mengenai rekomendasi penceramah atau mubalig. Kini Kemenag meluncurkan 200 nama penceramah yang direkomendasikan. Siapa saja mereka? diterima media jejaknasionalis, (19/5) Sabtu.

“Selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi mubalig oleh masyarakat. Belakangan, permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama mubalig,” terang Menag Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Pemberitaan serta pengumuman tersebut bagi Ustad Abdul Somad tidak ambil pusing, baru baru ini beredar jawab “Skakmat” terhadap seorang netizen yang menanyakan kepada UAS terkait pemberitaan Kemenag. Berikut jawaban UAS sangat menyejukkan.

Masih terkait hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai nama para penceramah tersebut telah memenuhi tiga indikator dan berharap tak jadi polemik.

Terkait hal tersebut pengamat FSDRK (Forum Sejarah Damai Resolusi Konflik ) mengatakan, ” Pemberian rekomendasi 200 ustad Kemenag semakin menciptakan “kotak kotak” serta pertanyaan besar di masyarakat mayoritas muslim Indonesia, jangan jangan itu Ustad robot pemerintah, mudah di racik dan diperintah sesuai text ceramah, janganlah sampai segitunya “, ujar Ichsan.

Pihak MUI Zainut, mengatakan, “Masyarakat memiliki kewenangan untuk memilih penceramah agama yang tentunya sesuai dengan kebutuhannya. Memang seharusnya tetap mengacu kepada ketentuan yang sudah digariskan oleh Kemenag tersebut agar ceramah agama tidak keluar dari substansinya. MUI meminta kepada masyarakat untuk tidak menjadikan rekomendasi Kemenag tersebut sebagai polemik tapi mari kita sikapi dengan bijaksana agar tidak menimbulkan kegaduhan yang bisa merusak suasana kekhusyukan puasa di bulan yang pernuh berkah ini,” ujar Zainut.

Sebelumnya diberitakan terdapat 20 Ustad tidak mendapatkan rekomendasi kemenag tahun 2018, namun sampai sekarang tetap laku dan adem ayem pidato ceramahnya bahkam sangat di cintai umat muslim, diantaranya ;

Berikut daftar lengkapnya disajikan Jejaknasionalis.com : 20 Ustasdz populer:

1. Abdul Somad, Lc.
2. Sugi Nur Raharja
3. Maheer Thuwailibi
4. Tengku Zulkarnaen
6. Hasyim Yahya
7. Khalid Basalamah
8. Reza Basalamah
9. Mundzir Situmorang
10. Adi Hidayat
11. Habib Rizieq Syihab
12. Haikal Hasan
13. Ismail Yusanto
14. Ahmad Sukino
15. Firanda Andirja
16. Bachtiar Natsir
17. Riyadl Bajrey
18. Badrussalam
19. Salim A Fillah
20. Yazid Jawaz

Terakhir Ichsan menutup , ” 20 Penceramah yang tidak direkomendasi ini lebih banyak di dengar, didukung serta mayoritas mereka memiliki kecerdasan diatas rata rata mampu memilah kebaikan dan persatuan umat “, cetusnya. [MI]

[MI]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here