PELUNCURAN BUKU ANAK SERSAN JADI PANGLIMA

Jejaknasionis, Jakarta | Penerbit Gramedia Utama resmi meluncurkan buku Anak Sersan Jadi Panglima, pada hari ini, Jumat (16/3), bertempat di iX Sudirman, Jakarta Pusat.

Buku biografi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ini ditulis oleh jurnalis senior Eddy Suprapto. Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP. lahir di Malang, Jawa Timur, 8 November 1963, dari pasangan prajurit Angkatan Udara Bambang Sudarto dan Nur Saa’dah. Dibesarkan di lingkungan Angkatan Udara bersama empat adiknya, Hadi kemudian tumbuh menjadi pribadi yang tangguh. Ia pernah merasakan menjadi caddy dan pembuat kue donat demi membantu orangtua membiayai sekolahnya dan adik-adiknya.

Setelah lulus dari Akademi Angkatan Udara pada 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU pada 1987, Hadi Tjahjanto kemudian memulai karier militernya. Berbekal ketekunan dan kegigihan, berbagai jabatan kemudan berhasil ia emban dengan baik, hingga akhirnya terpilih sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara, periode 2017-2018.

Pencapaian karier Hadi Tjahjanto kembali ditorehkan pada Desember 2017, saat ia dipercaya oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Panglima TNI, pemimpin tertinggi dari semua angkatan bersenjata di Indonesia. Prestasi ini sangat langka terjadi karena tercatat hanya segelintir orang dari satuan Angkatan Udara yang berhasil memegang jabatan penting tersebut.

Perjalanan kehidupan yang sarat inspirasi inilah yang kemudian dirangkum Eddy ke dalam buku Anak Sersan Jadi Panglima. Dengan alur narasi yang disarikan dari pertemanan sejak SMA, cerita teman-teman lama, serta kenangan orangtua dan saudaranya yang masih lekat dalam ingatan, buku ini berhasil menghadirkan sisi lain Hadi Tjahjanto sebagai seorang sahabat, saudara, anak, dan pribadi yang tak pernah memberanikan diri berandai-andai menjadi panglima.

“Biografi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ini terasa sangat cair dan bersahabat. Tidak terbatas mengenai karier militer saja, tapi buku ini justru semakin menarik dengan hadirnya cerita-cerita seru bersama keluarga di masa kecil, ataupun kisah perjalanan cinta dengan Ibu Nanik lstumawati, yang sudah terjalin dari remaja hingga kini dikaruniai dua anak dan satu cucu. Semua itu dipadukan dengan ragam pemikiran Pak Hadi yang tersebar di halaman-halaman buku ini,” tutur Siti Gretiani, General Manager Gramedia Pustaka Utama.

Buku Anak Sersan Jadi Panglima saat ini sudah tersedia di seluruh toko buku dan toko buku online di seluruh Indonesia. Buku ini diharapkan dapat menjadi pemantik semangat, terutama bagi generasi muda, agar tidak mudah menyerah dalam memperjuangkan cita-cita yang diimpikan, seperti yang sudah berhasil ditunjukkan oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. [MI]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *