BABINSA JAJARAN KODIM TOBELO TANAMKAN NILAI-NILAI PANCASILA KEPADA PELAJAR TINGKAT DASAR

Jakarta, Tobelo Malut – Untuk menanamkan rasa cinta tanah air, maka perlu pemahaman tentang Pancasila sejak usia dini. Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa jajaran Kodim 1508/Tobelo Serda Yusuf dan Koptu Lukas Kalalo. Sabtu (10/03/2018).

Serda Yusuf sendiri yang bertugas sebagai Babinsa Koramil 1508-02/Galela memberikan pengetahuan nilai-nilai Pancasila kepada siswa/siswi di SD Inpres Jikolamo, Kec. Loloda Kepulauan, sementara Koptu Lukas Kalalo yang bertugas sebagai Babinsa Koramil 1508-03/Kao juga memberikan materi yang sama di SD Inpres Kusu Kec. Kao, Kab. Halmahera Utara, Prov. Maluku Utara.

“Pancasila perlu ditanamkan pada anak terutama pada anak usia dini. Hal ini disebabkan karena anak pada usia dini pada dasarnya masih lunak dan mudah dibimbing daripada anak remaja”, kata Serda Yusuf.

“Pendidikan Pancasila bisa dilakukan baik dirumah oleh orangtua dan juga disekolah. Pemahaman Pancasila disekolah berperan penting dalam pembentukan karakter serta kepribadian anak”, ungkap Koptu Lukas.

Jangan sampai anak meniru hal-hal yang tidak baik dari orangtuanya. Disamping itu pendidikan di sekolah juga perlu guna membentuk watak dan kepribadian anak,” terangnya.

Sementara itu ditempat terpisah masing-masing Kepala Sekolah Dasar tersebut mengatakan bahwa mereka sangat terkesan dan berterimakasih kepada Bapak Babinsa yang telah membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolahnya. “kami tidak bisa memberikan apapun kepada Bapak Babinsa yang telah dengan senang hati dan ikhlas membantu menanamkan rasa cinta tanah air dan disiplin kepada murid-murid kami, sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan rasa bangga kami kepada TNI”, pungkasnya.

Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto dalam keterangannya kepada awak media menyampaikan, kegiatan yang dilakukan oleh Serda Yusuf dan Koptu Lukas Kalalo tersebut bertujuan untuk mengenalkan dan mengingatkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila, Jiwa Patriotisme cinta tanah air dan mengenal Pahlawan Bangsa, sehingga tertanam jiwa, moral, aklaq yang baik sejak dini dengan harapan nantinya mereka dapat menjadi generasi penerus Bangsa yang beraklaq Mulia. (WYU – 1508). (MI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *