Di Negeri Tirai Bambu Ada restoran tanpa pelayan

JejakNasionalis, Beijing – Ada restoran tanpa pelayan. bagimama cara kerjanya?. Simak berita lengkapnya dari Beijing, China.
Produsen makanan China Wufangzhai membuka restoran tanpa pelayan di Hangzhou, Ibu Kota Provinsi Zhejiang.
Wufangzai berdiri sejak 97 tahun silam yang dikenal sebagai pembuat makanan tradisional China berbahan beras ketan yang dibungkus daun atau biasa disebut dengan “zongzi”.
Perusahaan tersebut berkolaborasi dengan Koubei, platform layanan makan dan minuman yang dioperasikan Alibaba, perusahaan raksasa berbasis elektronik, untuk meluncurkan restoran pertama tanpa pelayan, sebagaimana laporan media lokal, Kamis.
Para pembeli dapat memesan dan mengambil makanan sendiri tanpa ada pelayan di restoran tersebut.
Tanpa mengantre, para pembeli dapat memesan makanan melalui mesin mandiri dengan cara memindai barkode di atas meja menggunakan telepon seluler. Kemudian makanan akan keluar dari lemari otomatis di restoran tersebut.
Restoran tersebut beroperasi selama 24 jam. Beberapa menu yang direkomendasikan kepada para pembeli tersimpan dalam sistem mahadata milik Koubei.
“Ini sangat nyaman karena hanya menggunakan ponsel untuk memesan makanan. Hanya tiga menit menunggu, makanan langsung keluar,” kata He, pria warga Hangzhou, sebagaimana dikutip Chinaplus.
Pesan makanan di restoran tak berpelayan itu merupakan pengalaman baru. “Proses swalayannya juga sangat mudah dan nyaman,” kata seorang pembeli lainnya.
“Restoran ini sangat tergantung mahadata Koubei yang dapat meningkatkan pelayanan dan manajemen,” kata CEO Koubei, Fan Chi.
Omset restoran tersebut langsung meningkat sekitar 40 persen selama lebih dari sebulan terakhir.
“Di lain pihak biaya pegawai dapat dikurangi. Jumlah pegawai berkurang enam dari sebelumnya sebanyak 13 orang,” ujar Wang Shuying selaku manajer restoran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *